Minggu, 31 Juli 2011

10 energi ramah lingkungan yang luar biasa

energy generating system
energy generating systemgenerator listrik yang tidak biasa

sangat mengagumkan bagaimana kita melihat masyarakat yang cukup kreatif dalam menemukan dan memecahkan konsep baru dan cara baru dalam menghasilkan energi listrik. beberapa cara mungkin terbilang tidak masuk akal dan memaksa anda untuk membuktikannya sekaligus mempraktekkanya sebagai salah satu bukti dari sebuah solusi. Beberapa pilihan mungkin mengarahkan untuk membangkitkan energi, meski terlalu kecil untuk dipertimbangkan, namun demikian akan lebih bermanfaat jika kita menghargai hasil temuan mereka supaya bisa berkembang lebih maju dan sempurna.


1. Kereta api di Jepang memanfaatkan energi dari lalu-lalang penumpang yang ada disana.

Ticket counter
Ticket counterTicket counter yang membangkitkan energi listrik dari gerakan orang yang melewatinya.

Perusahaan kereta api Jepang sektor timur mengadakan Riset dan mencoba untuk mengembangkan stasiun kereta api yang ramah lingkungan yang memanfaatkan lalu-lalang penumpang untuk membangkitkan energi listrik dari gerakan manusia, yang merupakan ide yang inovatif. maka dari itu para penumpang akan bergerak dengan energi yang dihasilkan gerakan dia sendiri, Konsep ini berdasarkan sebuah tehnologi Piezo , yang memanfaatkan perangkat piezo dibawah lantai pintu tiket yang akan menghasilkan energi listrik dari gerakan penumpang yang berjalan diatasnya. Prototype dari tehnologi ini dicoba di terminal Shibuya, dan selama masa percobaan hasilnya tergolong memuaskan , yang akan menjadi tehnologi memenuhi kebutuhan listrik mandiri yang ramah lingkungan dan hampir mendekati tehnologi masa depan.


2. Cow Poop: penghasil gas methan energi hijau di California

Cow poop electricty

Cow poop electrictykotoran sapi yang menghasilkan energi listrik melalui gas methan yang dihasilkan.

Kita semua telah mengetahui apa bila kotoran sapi itu bisa digunakan sebagai pupuk kandang dan juga biogas. Bagaimanapun , konsep yang dikenalkan David Abers, yang membayangkan instalasi biogas yang melayani sebagian besar sumber energi listrik dan memasok 100 rumah penduduk perhari. proyek impiannya-sebuah proyek dam biogas- yang berbentuk seperti sebuah danau yang seluas 5 lapangan bola dengan kedalaman 33 kaki , yang terisi penuh dengan kotoran hewan ternak. bagaimanapun juga , proses dalam memproduksi gas methan ini sangat berbeda dengan proses yang diusulkan dan lebih effisien sebagai limbah cair yang kemudian dirubah menjadi Hidrogen sulfida dan Co2 yang harus dipisahkan dari kotoran cair untuk menghasilkan gas methan murni.

3. Energy yang dihasilkan dari goncangan payudara

Bouncing breast energy
Bouncing breast energygoncangan payudara wanita yang bisa menghasilkan energi listrik

Kita telah mengetahui bahwa energi ini dapat dihasilkan dari apapun yang bergerak, ini bisa dihasilkan melalui gerakan mesin ataupun mungkin melalui gerakan manusia, akan tetapi payudara sendiri bisa menghasilkan energi ini sedikit keluar dari konteks. Dan konsep ini muncul dari seorang desainer Adrienne so yang berasal dari San fransisco yang mengklaim bahwa dirinya percaya , bahwa perempuan yang memiliki payudara besar dapat menghasilkan energi melalui gerakan goncangan saat bergerak atau berjalan. Dan energi ini dapat dibangkitkan melalui bra khusus yang memiliki bahan elastis yang dilengkapi perangkat nanowire fabrik yang akan membantu membangkitkan energi listrik. ini hampir seperti alternatif yang mengada-ada dalam menghasilkan energi.

4. Sonea Energy yang merubah kebisingan menjadi energi listrik

Sonea Energy  system
Sonea Energy systemSonea system yang bisa menghasilkan energi listrik dari kebisingan lingkungan sekitar.

para Desainer industri antara lain Jihoon Kim, Boyeon Kim, Myung-Suk Kim dan Da-Woon Chun telah menemukan sebuah metode yang inovatif yang merubah suara bising menjadi sebuah energi yang terbarukan yang merupakan energi alternatif , dengan cara mengumpulkan energi dengan cara menyerapnya melalui perangkat ini, semua suara diatas ambang kebisingan yang berada disekitarnya dirubah kedalam bentuk energi. dan perangkat ini diberi nama Sonea yang memiliki kapasitas daya yang dihasilkan sekitar 30 watt sebagai energi yang bersih yang jauh dari suara desibel.

5. Pembangkit energi melalui kursi goyang

Energy-generating chair
Energy-generating chairkursi goyang yang bisa menghasilkan energi listrik

Cara ini dalam menghasilkan energi agak rilek , sebagaimana saat kita beristirahan dengan kursi goyang sperti yang sering kita lakukan. Di rancang khusus oleh Petr Novak, kursi ini dapat membantu anda membangkitkan energi listrik seperti biasa ,saat anda duduk diatas kursi goyang pada dan membaca koran atau novel kesayangan anda. Listrik yang dihasilkan kemudan disimpan pada baterai yang ada juga dapat membantu menghidupkan lampu baca anda, yang berada diatas sandaran, membantu menerangi buku kesayangan anda saat dibaca melalui sumber energi yang ada dibawa tempat duduk.

6. Energi goncangan: sebuah energi yang dihasilkan dari boal sepak

Energy Generating Soccer Ball
Energy Generating Soccer BallEnergy yang dihasilkan melalui bola sepak

Di beberapa negara berkembang ada yang masih menggunakan lampu minyak berbahan bakar kerosine yang menerangi dimalam hari,Yang pada dasarnya sangat berbahaya karena asap yang dihasilkan menyumbang sekitar 190 juta Metrik ton CO2 diudara tiap tahunnya. 4 mahsiswa engineering Harvard telah melakukan percobaan sekaligus mencoba menemukan solusi untuk masalah ini dengan perangkat yang bertajuk Soccket yang merupakan bola sepak yang bisa menghasilkan energi saat ditendang. yang akan menhasilkan energi pada saat siang hari untuk dipakai sebagai sumber energi penerangan dimalam hari . dan ini adalah metode yang cukup hebat selain menjaga kesehatan juga dapat menghasilkan energi listrik.


7. Pembangkit energi melalui langkah kaki manusia dengan lantai sitem khusus

Energy from footfalls
Energy from footfallsmengumpulkan energi melalui pijakan lantai

Sekolah desain di Loughborough telah mendesain sistim lantai yang bisa menghasilkan energi listrik melalui langkah kaki manusia. Yang didesain oleh Pavegen System yang telah memenangkan sebuah award dalam kategori ‘Big Idea’ yang termasuk sebuah penghargaan dibidang bisnis di Inggris yang cukup bergengsi. dalam konsep ini , lantai didesain dengan cerdas untuk merubah energi kinetik dari pijakan kaki manusia menjadi energi listrik- sebuah konsep berkesinambungan tinggi dan merupakan sumber energi yang terbarukan.

8. Nanogenerator-perlengkapan yang dipakai untuk memanipulasi gerakan manusia saat berlari

Energy generating system
Energy generating systempembangkit energi yang terbarukan melalui perangkat yang ditambahkan pada sepatu , menjadi energi yang berkesinambungan dan hijau.

apa bila anda suka jogging , maka sepatu lari anda bisa dirubah menjadi perangkat yang bisa menghasikan energi dan merubah gerakan kinetik menjadi energi listrik. Ide ini telah dikonsep oleh Lola Mensa yang telah berinvestasi untuk perangkat ini yang menempatkannya pada sepatu anda , yang akan mengumpulkan daya listrik dari gerakan lari anda kedalam baterai. Perangkat ini dinamakan Cargador De Celular yang dilengkapi nanogenerator yang akan membantu menghasilkan listrik yang akan disimpan kedalam baterai. Setelah anda berlari , anda dapat merubah perangkat ini sebagai sumber energi laptop kesayangan anda bahkan mobilephone anda.


9. Fluxxlab memanfaatkan energi dari gerakan pintu putar menghasilkan listrik yang lebih hijau

Revolving door
Revolving doormemutar pintu dapat menghasilkan energi listrik

Energi dihasilkan dengan cara memutar pintu yang merupakan sumber energi potensial ,yang ditemukan desainer Fluxxlan studio di kota New york- yang mempercayai bahwa beberapa gedung di seluruh Amerika masih mempunyai pintu putar , dn sekarang memanfaatkan sumber energi yang tersembunyi. yang disebut ‘Revolution Door', yang mungkin berubah fungsi menjadi baling-baling yang merubah energi kinetik yang kemudian ditransfer pada instalasi yang diperlukan.

10. Solar lingerie

Energy-generating bra
Energy-generating braBra yang bisa menghasilkan energi listrik

Konsep bizarre yang diproduksi oleh pabrik lingerie di Jepang, Korset yang dilengkapi Bra yang sebenarnya dilengkapi dengan panel surya yang dipasang dengan serasi dan berkapasitas untuk menghidupkan sebuah display board. yang tampaknya tidak menyusahkan kalau dipakai dan sangat serasi untuk wanita , dipakai berjemur dipantai(wicak).


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons