Sabtu, 30 Juli 2011

14 alun-alun kota paling terkenal didunia

Hampir semua didunia ini dilengkapi dengan lahan terbuaka luas yang sering disebut Square dan kalau dalam istilah majapahitnya terkenal dengan alun-alun kota, biasanya disena merupakan pusat kegiatan sosial maupun ekonomi karena hampir semua pusat perbelanjaan , kantor pemerintahan atau gedung yang indah lainya menghadap ketempat itu. Biasanya dikelilingi dengan pusat perbelanjaan , restoran , bahkan gedung balai kota . Dan pada bagaian tenahnya sering dilengkapi dengan air mancur , monumen , atau patung. Akan tetapi dibalik itu semua mempunyai latar belakang hampir sama, sebuah town square selalu menyimpan sejarah yang unik masing-masing.Dan kali ini kami memperkenalkan berbagai Town Square yang paling terkenal diseluruh dunia.

14Plaza Mayor

Plaza Mayorflickr/giletayo

Yang paling terkenal di kota Madrid, Spanyol. sebuah City Square yang paling mengesankan sering sebagai tempat pemberhetian akhir turis di kota itu. Yang aslinya sih dibangun diluar dinding kota . Ditempat ini sering diadakan event tahunan yaitu adu banteng , pasar kaget , pergelaran symphoni , permainan sepak bola bahkan pada jaman dahulu pernah dilakukan eksekusi hukuman mati. Terdapat patung Raja Philip III yang duduk ditengah-tengah berseberangan dengan sebuah bangunan yang bercat indah Casa de la Panadería yang dahulunya merupakan markas serikat tukang roti di negeri itu.

13Plaza de Mayo
Plaza de Mayoflickr/Alex '77

Plaza de Mayo saksi bisu sejarah ,semenjak 25 mei 1810 yang merupakan revolusi yang berujung dengan sebuah kemerdekaan, yang merupakan titik awal kehidupan politik di Buenos Aires dan bisa dibilang seluruh Argentina. Beberapa land mark kota ini berada disekitar Plaza ini termasuk Calbido(temapt konsulat kota selama masa kolonial). Terletak ditengan Plaza de Mayo adalah sebuah Piramid Mei yang merupakan monumen nasional tertua di Buenos Aires. Plaza ini semenjak 1977, dimana disana terdapat tanda dan gambar dengan tajuk desaparecidos , yang menggambarkan anak-anak mereka yang sedang menunduk dan sebagian dari mereka dibantai dan dibunuh secara keji oleh junta militer saat itu.

12Trafalgar Square
Trafalgar Squareflickr/UGArdener

Trafalgar Square sebuah alun-alun kota yang sangat luas. keberadaan tempat ini untuk memperingati Lord Horatio Nelson yang melawan angkatan laut Napoleon pada saat perang Trafalgar pada tahun 1805. Pada pusat alun-alun ini terdapat sebuah monumen yang berupa sebuah tiang yang sangat tinggi yang menggambarkan seorang Nelson yang berdiri menatap London. Monumen ini dikelilingi oleh 4 Colosal singa dan satu seri air mancur yang besar. Lebih dari sekedar plaza terbuka, Trafalgar Square adalah salah satu dari city square yang paling terkenal di UK dan menjadi tempat yang paling digemari dari kalangan politik sampai sosial untuk kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara.

11Zócalo
Zócaloflickr/mdanys

Bertempat dijantung kota yang sangat bersejarah dari Mexico City, Zócalo adalah salah satu dari town square yang terbesar didunia. yang disana terdapat Metropolitan Cathedral dibagian utara, dan National Palace disebelah timur, dengan nilai sejarah yang tidak sedikit. Dan dikibarkan bendera Mexico ditenah-tngahnya, dengan upacara penurunan dan penaikan bendera setiap hari. Dan city square ini merupakan tempat berkumpul orang-orang mexico semenjak jaman suku Astec, yang merupakan tempat berbagai upacara Ala mexico.

10Grand Place

Grand Place atau Grote Market adalah merupakan central city square dari kota Brussels di kota Belgia.Yaqng dikelilingi guildhalls, city town halls , dan sebuah Breadhouse. Town square ini merupakan tujuan wisata paling penting di kota Brussels. setiap 2 tahun dibulan agustus terdapat event besar yaitu “flower carpet” yang terdapat di plaza itu untuk beberapa hari . Hampir jutaan bunga-bunga blgia menghiasi dengan berbagai warna-warni menutupi sebagian besar dari town square tersebut.

9Old Town Square
Old Town Squareflickr/cuellar

yang berlokasi diantara Wenceslas Square dan jembatan Charles yang bertempat di kota Praha. Old Town Square ini sering dipenuhi turis lokal maupun asing pada musim panas. Menampilkan berbagai keindahan arsitektur termasuk gaya Gothik pada Týn Cathedral dan gereja baroque Saint Nicholas. City square ini bagaikan sebuah oasis untuk para pelancong setelah lelah mengarungi jalan-jaln sempit kota Praha. diantara banyak gereja , para wisatawan dapat menemukan jam astronomi di town square ini, dan disampin itu pula terdapat menara pada town hall yang menyajikan pemandangan indah panorama kota tua praha. yang nota bene merupakan kota tempat drakula dilahirkan?.....dalan sebuah novel.

8Piazza San Marco
Piazza San Marcoflickr/abmiller99

Piazza San Marco merupakan sebuah alun-alun yang sangat penting di kota Venicia, tempat yang terkenal dengan kata Pizza. yang pernah diidentikkan sehingga disebut the Piazza San Marco oleh Napoleon yang dalam arti kata "ruang tamu untuk warga eropa".Yang merupakan alun-alun yang luas di eropa dimana suara deru kendaraan bermotor dikalahkan suara manusia. The Basilica of San Marco adalah salah satu tempat yang sangat menarik di Venicia yang terletak disebelh timur dari town square ini .Piazza San Marco adalah lokasi terendah di Venicia dan inilah yang menyebabkan areal inimenjadi langganan banjir pada saat badai maupun hujan deras.

7Tiananmen Square atau yang dikenal dengan Lapangan Tianament
Tiananmen Squareflickr/kk+

Lapangan Tianament terletak di Beijing yang merupakan city square terbesar didunia . lapangan ini dikelilingi monumen bergaya soviet dan gedung pemerintahan . Lapangan Tianamen merupakan tempat yang sangat menakjubkan yang menyajikan pemandangan yang cukup mengasyikkan untuk berlama-lama disana, banyak sekali pengunjung yang datang kesana dari seluruh penjuru China, dan beberapa diantaranya ada yang berkunjung baru sekali. Dan disana terlihat bendera China yang selalu berkibar setiap hari yang diadakan upacara penaikan dan penurunan setiap fajar dan senja hari pada ujung utara lapangan ini. Dan terdapat 4 patung singa yang terbuat dari marmer didepan pintu masuk lapangan ini, dan pada bagaian barat laut terdapat bekas peluru yang menembus perut sisa peristiwa tahun 1989 , yang merupakan pembantaian demontran dilapangan yang penuh kenangan ini.

6Main Market Square
Main Market Squarewikipedia/Pko

Main Market Square atau Rynek Główny ini terdapat di kota tua Kraków,Polandia . Yang merupakan medieval town square yang terbesar di Eropa yang tertanggal abad 13 . alun-alun ini dikelilingi berbagai gedung bersejarah seperti town house, gedung bersejarah lain , istana dan gereja. dan pusat alun-alun ini didominasi dengan hall bermotif kain , yang dibangun kembali pada tahun 1555 dengan gaya Renaisance, yang beratap loten yang cukup indah . tersedia fasilitas tower untuk menikmati pemandangan dari atas melalui menara Gothic dari Saint Mary’s Basilica.

5Times Square

yang merupakan alun-alun yang paling terkenal di kota New york, Times Square yang berlokasi diantara simpang jalur Broadway dan Seventh Avenue. yang membentang antara West 42nd sampai West 47th Streets. Tempat ini terlihat Video layar video raksasa. berbagai papan iklan LED , dan beberapa lampu sorot hias. Sebuah atraksi yang paling dinantikan yaitu mimpi buruk yang semuanya tergantung perspektif anda. dan yang baru disana terdapat sebuah family-friendly theme park yang merupakan tema sebuah restoran , theater dan hotel , sebagai bentik pengembangan lokasi bisnis. Lampu dapat dilihat kapanpun , akan tetapi akan terlihat lebih indah apabila malam hari, dimana pada setip dinding hampir bertaburan aneka warna yang indah. tempat ini juga terkenal dengan event New Year’s Eve ball drop yang merupakan tempat dirayakannya acara pergantian tahun masehi.

4Saint Peter's Square

Saint Peter's Squareflickr/Swiv

Saint Peter’s Square yang berlokasi tepat didepan St. Peter’s Basilica di kota Vatikan . terdapat tiang-tiang Tuscan Colosal , empat tiang dalam , yang berbingkai trapesium sebagai pintu masuk basilica dan alun-alun yang berbentuk elips yang mendahuluinya. pada pusat elips berdiri sebuah menara Obelisk bergaya mesir yang memang dikirim dari mesir ke kerajaan Romawi selama kekuasaan kaisar Agustus. yang mana pernah dipindahkan dari Sirkus ke area situs ini pada tahun 1586 menurut arahan paus Sixtus V. Selama abad pertengahan , bola emas yang berada diatas obelisk itu dipercaya berisi abu jenasah dari Julius Caesar. namun ketika bola kuno ini dibongkar ternyata hanya berisi debu.

3Piazza del Campo
Piazza del Campoflickr/PhillipC

yang merupakan salah satu medieval city squares yang paling besar di Eropa , Piazza del Campo yang merupakan tempat berkumpul masyarakat dan sebagai tempat yang paling bersejarah dikota Siena, dinegara Tuscany. terkenal diseluruh dunia karena gaya arsitekturnya yang khas dan sangat indah. Palazzo Pubblico dan tower yang terkenalnya, sama terkenalnya dengan palazzi signorili sebuah bangunan milik keluarga terkaya saat itu yang terkenal di kota Siena dikellingi Piazza berbentuk kerang. 2 kali setahun diadakan balap kuda di Palio di Siena, yang mengelilingi Piazza del Campo, dimana diletakkan lapisan tanah yang sangat tebal , keliling tiga kali dan biasanya tidak labih dari 90 detik.

2Djemaa el Fna

Djemaa El-Fna yang merupakan tujuan favorit di kota Marrakech, Maroko. yang pada hari ini sering disebut sebagai jantung Medina yang sebagian besar terdapat atraksi ular dan orang monyetnya, serta beberapa kios yang umumnya berjualan. Dan dalam perkembangannya dunia hiburan harus berubah : orang dengan atraksi ular didatangkan kembali , dan disore hari alun-alun ini menjadi lebih ramai , dengan penutur cerita , beberapa pesulap, dan pramal bahakan tukang obat tradisional. saat hari beranjak gelap alun-alun ini dipenuhi puluhan pedagang makanan , dan sangat meramaikan suasana malam.

1Red Square

Red square yang terkenal dengan lapangan merah yang berlokasi dijantung kota Moscow dan kebanyakan sebagai tujuan utama para turis dari luar Russia, sekaligus merupakan tempat wisata paling favorit para wisata. Alun-alun ini dikelilingi oleh beberapa gedung yang indah antara lain Saint Basil’s Cathedral, the State History Museum, Lenin’s Mausoleum dan sebuah jembatan Kremlin yang panjang terbuat dari dinding beton. Nama Red square diambil dari gedung sekitar yang terbuat dari batu bata yang berwarna merah atau mungkin berhubungan erat dengan warna merah yang identik dengan komunis . Dan mungkin juga berhubungan dengan sebuah kata berbahasa Russia "krasnaya" yang berarti kata lain merah atau indah . Tetapi orang sudah menegenalnya dan menghubungkan dengan dinding katedral Saint Basil yang kemudian istlah warna merah itu jadi merembet ke daerah sekitarnya yang terdapat sebuah alun-alun yang sangat terkenal itu.

inilah alun-alun yang terangkum dalam blog ini mungkin masih banyak yang belum dimuat yang merupakan referensi kunjungan plesiran manca negara Agan sekalian, mudah-mudahan suatu saat nanti alun-alun yang ada dikota-kota negara kita bisa kami muat sedetail mungkin (wicak)

sumber : http://triwicaksono-sepedaku.blogspot.com/2011/07/14-alun-alun-kota-paling-terkenal.html

3 komentar:

Aji Prast mengatakan...

Bagus-bagus semuanya pak.

JIMMY mengatakan...

kok monas gak masuk yaa??? monas tuh termasuk alun2 juga gak sih?? kan lapangannya luas..

SALAM,

triwicak mengatakan...

Buat mas aji: itulah yang tercatat sebagai yang terbaik dan paling populer beserta sejarah yang mengikutinya.
buat pak Jimmy : salam kenal juga yang kami tahu monas itu dahulu merupakan lapangan banteng dan termasuk kategori town square juga tetapi di tingkat asia masih banyak pesaingnya yang jauh lebih berat yaitu lapangan Tianamen dari RRC....matur nuwun atas komennya...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons