Selasa, 16 Agustus 2011

5 tanaman dalam ruangan yang berfungsi sebagai pembersih udara alami

Reed PalmTanaman rumahan yang biasanya ditanam hanya untuk keperluan dekoratif atau memperindah ruangan , selain memberikan efek positif pada unsur psikologis, atau alasan kesehatan lainnya juga berfungsi sebagai penyaring udara dalam ruangan

Tanaman dalam ruangan kebanyakan ditanam hanya untuk menambah nilai dekoratif dan estetika suatu ruangan juga dapat memurnikan udara yang kita hirup.Berdasarkan sebuah penelitian yang diungkap oleh NASA, beberapa tanaman dapat memurnikan udara lebih baik dan efektif dari jenis tanaman yang lain, dan inilah daftar beberapa tanaman yang biasanya ada didalam ruangan yang berfungsi debagai pembersih ruangan yang alami:


1. English Ivy

Dengan nama Botanical - Hedera helix

Ivy - English

English Ivy adalah salah satu jenis tanaman cemara yang memiliki rentang hidup yang sangat panjang . Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dengan membutuhkan sinar matahari yang tidak langsung dengan suhu rata-rata relatif dingin, seperti pada sisi pagar atau tembok. Yang sangat mebutuhkan tanah yang dingin , cukup lembab dengan drainase yang cukup bagus.Denagn menggunakan pupuk yang seimbang untuk tanah dan menjaga tanaman dari serangan tungau.Tanaman ini dapat membahayakan karena bisa mengakibatkan iritasi kulit. jadi diperlukan semacam sarung tangan saat menghandel tanaman tersebut. dan juga jauhkan dari jangkauan hewan maupun anak-anak tengil, dan tanaman ini bisa diperbanyak dengan system stek batang(wicak).

English Ivy dapat menyaring beberapa zat yang mencemari udara seperti : Benzena, toulena dan Formaldehida


2. Spider Plant

Dengan nama Botanical - Chlorophytum chlorosum

Tanaman ini kebanyakan sangat disukai dan selalu sesuai menhadirkan keindahan pada setiap ruangan. Dan tanaman ini menghasilkan batang yang panjang saat tumbuh . daun-daunan beserta bunga-bunganya memberikan kesan seperti laba-laba menggantung pada sebuah tali. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan sengat bisa beradaptasi pada lingkungan berkondisi sangat ekstrim sekalipun baik dari suhu maupun kelembapan. Akan tetapi , kecukupan akan cahaya terang adalah kebutuhan utama dari tanaman ini. Dan tanaman ini sangat mudah diperbanyak dan terlihat sangat indah apabila ditanam pada sebuah pot gantung bersama tanaman lainnya, dan jangan pernah terganggu oleh aliran udara dingin(wicak).

Dan polutan yang diserap oleh tanaman ini adalah - Formaldehyde

3. Peace Lily

Dengan nama Botanical - Spathiphyllum ‘Mauna Loa’

tanaman ini lumayan populer dikalangan pecinta tanaman hias karena dapat tumbuh dengan cahaya matahari yang sangat minim. Penyiraman dapat dilakukan hanya sekali dalam seminggu. Apabila terklalu banyak air akan berakibat kecoklatan pada ujung daun. Peace Lily dapat sangat mudah diperbanyak dan akan mekar bunganya di akhir awal panas. Tanaman ini harus diberi makanan berupa pupuk cair sebulan sekali pada musim panas dan musim semi. Satu tanaman bisa tumbuh pada area seluas 10 meter persegi dan pemberian pupuk hanya pada musim panas dan semi saja(wicak).

Polutan yang dibersihkan oleh tanaman ini - Benzena, formaldehyda dan lain-lain.


4. Chinese Evergreen

Dengan nama Botanical - Aglaonema sp.

ini dalah sebuah tanaman hias yang memiliki range umur sangat panjang. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan membutuhkan sinar matahari yang tidak langsung serta kelembaban tinggi. Jaga tanaman pada suhu hangat serta kondisi tanah yang sangat lembab. Tanaman ini mungkin bisa bertahan pada suhu rendah akan tetapi tidak dapat mentolelir suhu dingin.Apabila daun mulai berwarna kuning , itu dimungkinkan sinar matahari terlalu banyak mengenainya. Segeralah hilangkan daun yang menguning dan pindahkan pada area bercahaya rendah atau minim.Aglonema sangat mudah diperbanyak. Pastikan bahawa Agan sekalian selalu membersihkan daunnya secara teratur dan berkala.

tanaman ini sangat bermanfaat menyaring zat berbahaya seperti : benzena, toluena dan ammonia dari udara(wicak).

5. Reed Palm

Denagn nama Botanical - Chamaedorea sefritzii

Dengan nama lain palm bambu. tanaman ini berumur sangat panjang , dengan ukuran kecil atau menengah dan bisa tumbuh hingga setinggi 6 meter. Tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi terbaik pada pencahayaan menengah dan kelembaban tinggi. Palm ini harus ditanam pada sebuah pot yang memiliki sebuah lubang yang membuat tanah memiliki kelembaban yang merata dan pengairan yang lancar dan teratur. Air hujan adalah yang terbaik untuk tanaman ini . Palm ini sangat mudah terinfeksi oleh tungau dan serangga dalam ruangan. Tanaman ini harus dipupuk secara teratur selama masa pertumbuhan(wicak).


Reed plant dapat menyaring udara dalam ruangan dari zat-zat seperti : trichloroethana, benzena dan toluena.


sumber:http://triwicaksono-sepedaku.blogspot.com/2011/08/5-tanaman-dalam-ruangan-yang-berfungsi.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons