Minggu, 15 Mei 2011

bererapa warisan dunia nyaris punah ?.....

1.Dampier Rock Art Complex, Murujuga, Australia

peninggalan seni yang begitu besar dengan cirikhas berbagai ukiran etnikal aborigin, bagian Northwest Australia dengan petroglyphs yang merupakan ukiran yang berusia ribuan tahun, sebagian orang berfikir untuk kembali pada masa 10.000 SM. Perkembangan yang telah ada seperti bidang industri telah merusak 7,2% menjadi 24,4% dari semua petroglyphs, dan dengan ditemukannya baru-baru ini adanya pasokan gas alam yang tidak sedikit di daerah mengancam dampier rock art complex.

Misi penyelamatan: telah terdaftar di National Trust of Australia endangered locale, meski pemerintah Australia masih ragu-ragu untuk intervensi atau tidak diperlukan sama sekali . Australian Rock Art Asosiasi melakukan Penelitian bersama dengan badan-badan lainnya untuk terus mendorong pemerintah untuk relokasi industri di tempat lain.

2.Sonargaon-Panam City, Bangladesh

Di kota kuno ini,inilah arsitektur asli kesultanan Monggol yang dapat anda jumpai , kolonial Monggol dan periode Bangladesh tertanggal dari tanggal 15 ke abad ke-19. Banyak monumen kolonial orang Monggol yang melukiskan beberapa kejadian ditemukan di sini. yang melukiskan oleh berbagai masalah – termasuk banjir, kenaikan permukaan laut, gempa bumi, pembangunan ilegal dan pekerjaan, serta vandalisme – Sonargaon berada dalam bahaya yang serius yaitu penggusuran.

Misi penyelamatan: pemulihan Sementara beberapa proyek yang dilakukan negara oleh department of Archeology sedang berlangsung di beberapa monumen yang penting saja, lebih banyak dana yang diperlukan untuk membantu lembaga ini dalam mewujudkan tujuan untuk melestarikan tempat ini dari kepunahan.

3.Chinguetti Mosque, Mauritania, West Africa

Ditemukan di salah satu dari tujuh kota suci Islam, Chinguetti adalah nama sebuah Masjid di Mauritania, Afrika Barat, yang dibangun sekitar abad ke-13 dan merupakan tempat persinggahan para saudagar dalam perjalanan mengarungi gurun Sahara yang membawa barang-barang berharga seperti emas dan gading. Lokasi ini terancam punah yang diakibatkan banjir, suhu ekstrim dan longsoran – mewakili sumber ancaman konstan ini ke situs Warisan (world heritege) Dunia UNESCO.

Misi penyelamatan: Meskipun atap dari masjid belum pernah ditutup , masjid akan terus digunakan untuk kepentingan agama, untuk meng antisippasi perubahan iklim di daerah tersebut sangat diperlukan untuk upaya pencegahan sepenuhnya agar masjid jangan sampai hilang.

4.Panama Canal, Panama City, Chagres River

Salah satu yang paling mengesankan engineering dalam sejarah modern, di Terusan Panamas menjadi sangat berguna untuk kepentingan masyarakat internasional. Sampai 40 kapal per hari melalui kanal ini. Namun, setelah permintaan untuk menggunakan kanal terus meningkat pada saat yang sama bahwa jumlah rata-rata air di Danau Gatun terjadi penurunan debit ,dan itu salah satu yang paling penting di dunia waterways dengan tidak terduga menghadapi masalah komplikasi. Sebagian besar sebagai hasil dari deforestasi yaitu penggundulan hutan sekitar, peningkatan jumlah sampah dapat ditemukan di dasar danau, yang akan mengurangi jumlah kapal yang dapat menampung gang.

Misi penyelamatan: sebuah proposal untuk memperluas kanal telah disetujui oleh pemerintah pada tahun 2006. Sebagai bagian dari proyek ini, entryways baru dan pembersihan air sedang direncanakan untuk mengurangi masalah ini. dan proyek diharapkan akan selesai pada tahun 2015.

5.Dhangkar Gompa, Himachal Pradesh, India

Bagian dari Dhangkar kompleks dan salah satu dari lima besar Budha monastik pusat, candi ini dibangun beberapa ribu tahun yang lalu, ditemukan di daerah terpencil di perbatasan antara India dan Tibet. Sebagai akibat dari kelalaian di samping erosi dari atas bukit yang terletak di candi, ini penting dan kuno situs deteriorating.

Misi penyelamatan: The biara konservasi adalah mempersiapkan rencana untuk menyelamatkan kuil dan mencari dukungan untuk melaksanakan rencana mereka. Menjaga candi juga memerlukan mempertimbangkan bagaimana pariwisata di daerah dapat mendorong tanpa merusak situs.

6.Old Damascus, Syria

Picture of Damascus' old city (Syria): Street in Damascus old city

Salah satu kota yang paling tua, yang masih didiami seperti kota-kota di dunia lainnya, Old Damaskus dalam kondisi perlahan dibongkar dan akan digantikan oleh konstruksi modern. dan ditempat ini banyak terdapat situs kuno, termasuk delapan gerbang kota dan banyak situs yang dirujuk oleh Kristen dan beberapa ukiran serta oranamen agama Islam. Baru-baru ini, BAB TuMa (Saint Thomas’ Gate), yang menerangkan bahwa komunitas Kristen masa lalu menempati seperempat Damaskus pada masa itu, dan kondisi kota tua itu telah terancam pemugaran karena dianggap ktinggalan jama.

Misi penyelamatan: sepertinya diperlukan kebijakan untuk tetap mempertahankan situs-situs kuna dari pada mengganti semuanya dengan yang lebih moderen dan futuristik.kalau tidak ada tindakan nyata....... ya tinggal menghitung hari.

7.Babylon, Iraq

Lying 80 km sebelah selatan Baghdad, Babel pada awalnya sebuah kota Mesopotamia, yang dianggap oleh banyak daerah sebagai salah satu bukti peradaban. Sejak 2300 SM, ada juga sebagian orang yang menganggap Babel sebagai kota suci. Situs kuno ini sudah tentu bukti signifikan dalam sejarah manusia dan hanyalah satu dari banyak situs bersejarah di Irak yang rusak dikarenakan banyaknya konflik di wilayah ini.

Misi penyelamatan dalam kondisi ekonomi kurang menguntungkan dan memerlukan sumber daya yang tidak sedikit untuk membangun kembali situs sejarah, dan berdagai bantuan pun diharapkan baik dari pemerintahan maupun swasta baik dalam maupun luar negeri .

8.Leh Old Town, Ladakh, India

Kuno ibukota Kerajaan Ladakh, Leh Old Town salah satu kota yang masih utuh dari abad pertengahan peninggalan orang Himalaya.dan termasuk terancam punah dan sangat dikenal oleh wisatawan treking karena harus beberapa hari disana, dan yang kaya dengan keragaman satwa liar yang eksotik termasuk spesies yang terancam punah seperti leopard salju .dalam iklim modern perubahan pola cuaca termasuk hujan deras dapat merusak kota, karena konstruksi saat itu tidak untuk iklim jaman sekarang , terlebih pengembangan dan modernisasi yang dihadapkan dengan arsitektur tradisional yang harus diklestarikan menjadi hal yang tidak mudah.

Misi penyelamatan: infrastruktur Sipil harus ditingkatkan di Ladakh, dan World Monument Fund telah dicanangkan serta serangkaian langkah-langkah yang akan diambil dalam rangka untuk menyelamatkan kota tua, termasuk meningkatkan pemeliharaan dan puing-puing sisa bangunan, sebagian besar dalam kondisi yang memprihatinkan .

9.The Coral Triangle, Sulu and Sulawesi Seas

Terletak di laut antara Indonesia, Malaysia dan Filipina, Coral Triangle merupakan wilayah yang terkaya karena terdapat berbagai terumbu karang, tanaman dan hewan yang hidup di dunia, dengan lebih dari 450 jenis karang yang ditemukan di sini saja. Wisatawan dari seluruh dunia datang ke tempat ini untuk menyelam dan melihat turtles nesting yang terancam punah. Sebuah studi dari John Hopkins University, yang telah menemukan bahwa sekitar 70% dari terumbu karang di laut dari Asia Tenggara yang terancam punah. Culprits yang bertanggung jawab atas kerusakan pada trumbu karang termasuk praktek-praktek penangkapan ikan yang menggunakan bahan peledak dan sianida, serta overfishing, coral bleaching, sedimentasi, dan polusi.

Misi penyelamatan: Salah satu cara untuk melindungi terumbu karang adalah dengan melaksanakan Marine Protected Area (MPA). MPAs mempromosikan perikanan yang bertanggungjawab dan perlindungan habitat. Tujuan mereka adalah untuk melindungi dan menjaga trumbu karang dan melindungi mereka dari kepunahan seperti pengelolaan taman nasional.

10.Greenland

The greenland ice sheet mencakup sekitar 81% dari pulau itu, dan terdiri dari 1 / 20 dari semua es di dunia.dan lambat laun mencair,yang akan terjadi negara terpecah dan menjadi negara kepulauan dan menjadi glaciers ,daerah tidak akan lagi menjadi tujuan wisata. beruang kutub akan kehilangan habitat, bial es melebur dengan cepat maka dapat berakibat banjir besar di wilayah di Amerika Serikat, termasuk Los Angeles.

Misi penyelamatan:mengurangi emisi karbon oleh pengendalian kendaraan bermotor dan gas buang industri adalah cara terbaik untuk menangani pencairan glaciers. Yg tak dpt disangkal satu cara untuk mengubah tingkat potensi zat berbahaya di udara adalah dengan penanaman pohon. yah mungkin dimulai dari anda pribadi yang menam pohon dan diikuti yang lain memulai go green.itu yang lebih bijaksana (wicak)

sumber : berbagai sumber

mengenal Tehnology sosrobahu

Tahukah anda tentang tehnik beton Sosro bahu?...yah itu lah asli temuan putra indonesia , yaitu tehnik pemutaran lengan beton hasil coran yang bisa diputar hingga 90 derajad, yah pada kala itu dianggab hampir mustahil dan terkesan spekulatif, itulah putra-putra indonesia yang selalu dituntut serba instan pada kala itu dan harus berhasil. Adalah Tjokorda raka sukawati penemu aslinya yang kala itu dipusingkan dengan sibuknya jalan yang akan ditanami tiang tol sehingga dibutuhkan tehnik pengecoran yang tidak mengganggu jalan dibawahnya, yaitu harus mengecor tiangnya terlebih dahulu lalu baru dudkan jalan tol yang kemudian harus diputar searah jalan dibawahnya.

Latarbelakang.
pada kala itu Jakarta sudah diwarnai kemacetan di tahun 80-an, dan solusi yang tepat adalah membangun jalan layang , dan dalam pembangunannya harus tidak mengganggu jalan-jalan disekitarnya yang harus tetap beroperasi, lagi-lagi tuntutan yang sebernarnya hampir tidak mungkin.pada saat itu yan mendapatkan order adalah Pt Hutama Karya untuk membangun infrastruktur jalan by pass A.Yani
kendala saat itu adalah tiang penyangga bekesting yang harus didirikan sebelum proses pengecoran memakai tiang gantung pun harganya sangat mahal, kalau tiang konvensional akan mengganggu lalulintas disekitar jalur hijau itu. setelah menanamkan (pier head) berdiameter 4 meter selesai baru dipikirkan lengan( pier head) yang nantinya selebar 22 meter sebagai penyangga jalan layang yang masing-masing pear head akan perjarak 30 meter.
kejadian ini adalah saat pembangunan jalur Cawang-tanjung priok , disaat seperti ini Ir Tjokorda Raka Sukawati dituntut harus mengecor tiang penyangga dan berikutnya baru mengecor lengan jalan searah jalur hijau tempat tiang penyangga itu dicor dan harus memutarnya pada saat kering dan dia harus memutar hasil coran yang seberat 480 ton, bagaimana caranya?

secara tidak sengaja atau kebetulan .
saat itu dia digarasi disaat ban depan mobil dia ditopang oleh sebuah dongkrak hidraulik dan ban belakang menapak pada permukan lantai yang licin karena ceceran minyak pelumas, mobil itu disentuh dan lalu bergerak dengan titik sumbu dongkrak sebagai porosnya. saat itulah dia menyepurnakan prinsip dasar itu yang memang saat iru sangat dibutuhkan.

Kemudian Tjokorda membuat percobaan dengan membuat silinder hidrolik dengan garis tengah 20 cm untuk ditindih beton seberat 80 ton, yanh hasilnya bisa diputar sedikit tetapi tidak bisa turun saat dilepas, ternyata posisis sumbu dongkrak tersebut miring , dan kemudian Tjokorda menyempurnakan posisi titik berat lengan beton diatasnya.

dan membuahkan hasil, prinsip dasar yang dipakai adalah hukum pascal" bila cairan ditekan pada sebuah ruangan tertutup maka tekanan akan diteruskan kesegala arah". saat itu yang dipakai adalah minyak pelumas sebagai fluida hidroliknya dengan viskositas yang belum rusak. bila tekanan P dimasukkan ruang seluas A akan menimbulkan gaya F sebesar P dikalikan A. yang digabungkan dengan beberapa parimeter menjadi rumus sukawati, dan rumus ini masih orsinil ide dia karena memang saat itu blom ada pengembangannya karena blom sampai kesana penggunaanya.
setelah mengecor pier head tersebut diperlukan Landasan putar bebas hambatan (LPBH) yaitu 2 buah piringan besi atau cakram berdiameter 80 cm setebal 5 cm saling menangkup sebagai penumpunya. dan piringan ini dibuat dari besi Cor FCD-50 dan mampu mengankat beban 625 ton. dengan dilengkapi seal disetiap piringnya dipompakan minyak pelumas diantaranya dengan tekanan 78 kg/cm persegi, dan angka itulah yang menjadi misteri bagi Tjokorda pada saat itu , karena muncul begitu saja tanpa eksperiman & perhitungan.
dari teory dasar langsung implementasi saat itu setelah mengecor lengan harus memutarnya sejajar jalan dibawahnya. meski belum pernah diujicoba tapi Tjokorda yakin hal itu akan bekerja bahkan dia berani menanggung resiko apabila lengan beton itu sama-sekali tidak bisa diputar.

pada tangggal 27 juli 1988 jam 10 malam waktu setempat tentunya dijakarta.pompa hidrolik diaktifkan dengan tekanan 78 kg/cm2 membuat lengan seberat 480 ton itu terangkat dan dengan dorongan sedikit saja maka berputarlah lengan itu sebesar 90 derajat.

setelah dalam posisi lempurna maka fluida hidrolik itu dipompa keluar sampai dua piringan itu tertangkup kembali yang artinya lengan itu telah merapat ditiangnya. meski memerlukan tenaga yang tidak sedikit buat memutar lengan terhadap tiang tetapi Tjokorda tetap menguncinya dengan 8 batang besi berdiameter 3,6 cm melalui delapan lubang yang telah dipersiapka. setelah itu ehnik LPBH baru dipraktekan pada pembangunan tiang dan lengan jalan berikutnya.
setelah diputar 90 derajat jalan layang pun dibangun diatasnya.

Nama Sosrobahu didapat pada pemasangan tiang ke-85 tepatnya pada november 1989 oleh presiden Soeharto yang diambil dari nama seorang tokoh pewayangan Mahabarata, dan semenjak saat itu tehnologi LPBH dinamai tehnology Sosrobahu. dan setelah saat itu insinyur amerikapun memakainya untuk pembangunan jalan tol di Seatle, dan mereka tetap mematuhi tekanan hidrolik sebasar 78 kg/cm2 arahan Tjokorda yang masih misterius itu yang muncul begitu saja, dan setelah mendapatkan patennya dia membangun laboratoriumnya sendiri dan menemukan tekanan yang dibutuhkan yaitu ternyata 78,05 kg/cm2 dan beda tipis dengan wangsit yang pernah diterimanya sebelum itu.
dan hak paten kemudian diterimanya dari pemerintah jepang , malaysia, Philipina dan tehnologi ini telagh diekspor ke negara-negara malaysia, thailand , singapura, philipina dan salah satu jalan layang terpanjan di metro Manila yaitu ruas Vilamore-Bicutan adalah hasilkarya Tjokorda dan disana ditetapkan 298 tiang yang dipakai, dan di kuala lumpur memakai 135 tiang, dan presiden Philipina Fidel Ramos menyatakan inilah "temuan indonesia, sekaligus karya cipta putra ASEAN"sementara korea selatan bersikeras ingin membeli hak patennya.

dan sekarang sudah memakai edisi ke2 yang lebih efektif yang biasanya memerlukan waktui 2 hari menyusupkan baja ke beton , kini hanya 45 menit yaitu dengan memasang anker atau jangkar ditengahnya sebagai pengunci, dan secara kalkulatif bisa bertahan sampai 100 tahun

dan sampai sekarang tehnik itu tetap dipakai karena terbukti sangat ekonomis, teknis dan aplikatif. dan tidak mengganggu lalulintas dibawahnya.



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons