Jumat, 06 Mei 2011

TIDAK NYAMAN KETIKA BERSEPEDA JARAK JAUH, INILAH PENYEBABNYA

Zonasepeda – Bersepeda dalam jarak yang relatif jauh (touring) tentunya sangat menyenangkan, apalagi dilakukan dalam kelompok yang besar, menyusuri lintasan yang baru tentu sangat menantang bagi para goweser.

Sering kali kita merasa tidak nyaman berada diatas sadle setelah menempuh jarak yang lumayan jauh, terlepas dari kondisi fisik goweser. Sebenarnya ada beberapa hal teknis yang patut diperhatikan sebelum kita merasa siap berlama-lama diatas sadle.

Apakah hal teknis yang menjadi perhatian agar kita merasa nyaman diatas sadle sepeda, yang paling pokok adalah “sepeda” itu sendiri. Frame sepeda, seperti yang pernah diulas diartikel-artikel sebelumnya, frame adalah heart of bike (jantungnya sepeda). Kesalahan dalam pemilihan ukuran frame berakibat fatal.

Goweser dapat melakukan sendiri pengukuran frame yang tepat, lebih sempurna lagi jika anda dibantu seorang teman, hanya bermodal alat ukur sederhana anda dapat menempukan ukuran frame yang pas dan tepat, kalkulator frame baik untuk roadbike maupun MTB dapat anda temukan di url berikut : http://www.competitivecyclist.com/za/CCY?PAGE=FIT_CALCULATOR_INTRO.

Mintalah bantuan teman untuk memperoleh posisi yang nyaman diatas sadle

Setelah dirasa frame sepeda anda sudah tepat dan pas, tapi masih sering merasakan sakit dibeberapa bagian tubuh, terutama ketika touring, mungkin setelan beberapa part seperti panjang stem, tinggi seatpost, dan yang lainnya adalah penyebabnya.

Meteran - alat sederhana yang sangat membantu bike fitting

Kali ini zonasepeda memberikan tips trik dan solusi untuk menelurusi penyebab tidak nyamannya goweser ketika berada diatas sepeda.

1. Gejala : Anda selalu bergeser ke depan ketika berada diatas sadle.
Kemungkinan Penyebab :
- Stem mungkin terlalu panjang, sehingga anda harus menarik diri kedepan untuk menjangkau handlebar.
- Posisi hidung sadle terlalu naik (berlebihan).
- Posisi Sadle terlalu kebelakang diatas rel sadle seatpost.
Solusi :
- Memasang stem dengan ukuran yang lebih pendek
- Atur posisi naik turun sadle sehingga terposisi vertikal sempurna, anda dapet menggunakan waterpass atau alat ukur sejenis untuk melakukannya.
- Atur posisi maju-mundur sadle sehingga diperoleh posisi yang nyaman.

waterpas - membantu mendapatkan posisi sempurna naik-turun sadle

2. Gejala : Anda selelu bergeser ke belakang ketika berada diatas sadle, ini merupakan kebalikan dari gejalan no.1
Kemungkinan Penyebab :
- Stem terlalu pendek, sehingga posisi badan terasa terlalu dekat dengan handlebar.
- Posisi hidung sadle yang terlalu turun (menukik).
Solusi :
- Cobalah untuk menggunakan stem dengan ukuran yang lebih panjang.
- Atur posisi naik turun sadle sehingga terposisi vertikal sempurna, anda dapet menggunakan waterpass atau alat ukur sejenis untuk melakukannya.
- Atur posisi maju-mundur sadle sehingga diperoleh posisi yang nyaman.

3. Gejala : Anda merasa sakit pada bagian punggung bagian bawah.
Kemungkinan Penyebab :
- Posisi Stem yang terlalu pendek atau Ukuran stem yang terlau panjang. Anda sering melakukan perenggangan badan, karena posisi anda yang terlalu menunduk.
- Posisi Seatpost yang terlalu tinggi hal ini menyebabkan posisi badan terlalu menunduk dan pinggul bergoyang secara berlebihan.
Solusi :
- Tambahlah spacer, sehingga stem dapat naik. Jika dirasa masih kurang naik, gunakanlah stem dengan bentuk yang agak serong naik (banyak dijual di pasaran).
- Cobalah ukuran stem yang lebih pendek.
- Aturlah tinggi-rendah seatpost hingga diperoleh posisi yang tepat.

4. Gejala : Bagian Leher anda sering sakit
Kemungkinan Penyebab :
- Posisi Stem yang terlalu rendah, hingga anda harus terlalu mendongak untuk melihat jalan.
Solusi :
- Tambahlah spacer, sehingga stem dapat naik. Jika dirasa masih kurang naik, gunakanlah stem dengan bentuk yang agak serong naik (banyak dijual di pasaran).

5. Gejala : Lengan tangan terasa sakit.
Kemungkinan Penyebab :
- Posisi Stem yang terlalu rendah, sehingga terlalu banyak beban tubuh yang ditahan oleh lengan.
- Hidung Sadle terlalu menukik ke bawah.
Solusi :
- Tambahlah spacer, sehingga stem dapat naik. Jika dirasa masih kurang naik, gunakanlah stem dengan bentuk yang agak serong naik (banyak dijual di pasaran).
- Atur posisi naik turun sadle sehingga terposisi vertikal sempurna, anda dapet menggunakan waterpass atau alat ukur sejenis untuk melakukannya.

Gunakan Pendulum atau sejenisnya untuk menentukan maju-mundur sadle

6. Gejala : Lutut bagian depan terasa sakit.
Kemungkinan Penyebab :
- Posisi seat post yang terlalu rendah atau posisi sadle yang terlalu maju kedepan. Hal ini menyebkan lutut bagian depan anda bekerja berlebihan.
Solusi :
- Aturlah tinggi-rendah seatpost hingga diperoleh posisi yang tepat.
- Atur posisi maju-mundur sadle sehingga diperoleh posisi yang nyaman.

7. Gejala : Lutut bagian belakang terasa sakit.
Kemungkinan Penyebab :
- Posisi seat post yang terlalu tinggi, hal ini menyebabkan kaki anda bersusah payang meriah pedal.
Solusi :
- Aturlah tinggi-rendah seatpost hingga diperoleh posisi yang tepat.

8. Gejala : Pantat tersasa panas dan sakit.
Kemungkinan Penyebab :
- Terlalu banyak beban tubuh pada sadle, tidak menggunakan celana khusus bersepeda.
Solusi :
- Posisikan handlebar agak rendah, sehingga beban pada sadle tidak berlebihan.
- Cek kembali tinggi seatpost, mungkin terlalu rendah hingga sadle tidak maksimal menyangga berat badan.
- Gunakan celana khusus bersepeda.

9. Tendon Achilles terasa sakit (jari kaki).
Kemungkinan Penyebab :
- Mengayuh pedal terlalu berlebihan pada bagian jari-jari kaki, posisi cleat pada sepatu bersepeda anda terlalu jauh kedepan.
Solusi :
- Posisikan pedal tepat diantara tapak kaki dan jari kaki, jaga bola kaki anda saat mengayuh.

Demikianlah 9 uraian singkat mengenai beberapa keluhan dan kendala yang ditemukan ketika goweser melakukan touring. Tips : usahakan selalu melakukan pemanasan ringan sebelum bersepeda. Happy cycling dan Keep Goweeessssss….

Sumber (bike 101)

TIPS PEMULIHAN (RECOVERY) SETELAH BERSEPEDA JARAK JAUH

Zona Sepeda - Touring, banyak dari penggemar olah raga sepeda sangat menyukai tipe riding ini. Bersepeda dalam jarak jauh dengan rute yang sudah di tentukan tentulah sangat menyenangkan. Selain berlatih meningkatkanendurance (ketahanan), rider juga dapat melatih berbagai macam teknik bersepeda.

Bersepeda dalam jarak yang cukup jauh tentunya banyak menghabiskan energi, kelelahan (fatique) yang panjang tentunya dapat membuat kondisi tubuh menjadi drop, yang kita butuhkan adalah recovery (pemulihan) yang cepat untuk kembali mendapatkan kondisi 100% fit.

Recovery riding Atlit Yogyakarta - Foto Supandito

Recovery riding Atlit Yogyakarta - Foto Supandito

Istirahat, latihan recovery yang cukup dan nutrisi yang tepat bagi tubuh sangat menunjang sukses dan tidaknya proses pemulihan kembali kondisi fisik.
Berikut tips Pemulihan (recovery) setelah ridding yang melelahkan :
1. Setelah melakukan istirahat yang cukup misal 1-2 hari setelah perjalanan jauh, kembalilah bersepeda dengan pemanasan kurang lebih 20 menit dengan kecepatan yang ringan (easy riding). Naikan intensitas 18 atau 19 menit untuk mulai mengatur pernafasan.
2. Rencanakan rute atau jalur yang sesuai untuk recovery, rute flat dan tanjakan-turun yang ringan (sweet spot) sangat cocok untuk proses recovery. Shifting ke chainring besar dan pilih sproket medium (tengah).
3. Cobalah untuk berdiri sesat diatas sadel dan mulailah sprint. Cobalah untuk menghitung pedal stroke, cukup 25 kali pada tiap kali anda sprint. Atur jeda waktu tiap kali anda melakukan sprint, jaga ritme kecepatan anda. 6 kali sprint sudah sangat cukup untuk recovery. Latihan tersebut dapat membatu kita melemaskan otot-otot kaki yang tegang.
4. Setelah 6 kali sprint, luangkan waktu untuk menempuh rute turun yang ringan dan flat cukup 20 hingga 30 menit. Jika anda menggunakan power meter latihan yang anda lakukan diterjemahkan sebagai berikut :
88 t- 94 % adalah Functional Threshold Power (FTP) , 80 to 90 percent of maximal heart rate – upper zone three and lower zone four.
Hasil tersebut normatif pada tiap-tiap rider.
5. Bersepeda pada rute ringan (sweet spot) sangat membantu suksesnya proses recovery. Setelah proses recovery usai, usahakan untuk latihan pendinginan dengan easy riding kurang lebih 10 menit.

Selain latihan fisik, proses recovery dapat ditunjang dengan suplemen vitamin dan nutrisi. Jika dirasa latihan fisik sudah membuat tubuh menjadi fit, mungkin opsi menggunakan vitamin dapat dikesampingkan.
Cobalah mengkonsumsi multivitamin dan mineral dengan antioksidan, tentunya diimbangi degan nutrisi yang berkualitas, diantaranya ;

Glutamin - Image wikipedia

Glutamin - Image wikipedia

1. Glutamin
Glutamine merupakan asam amino yang dapat dibuat dalam tubuh, Glutamine banyak beredar didalam darah dan disimpan di otot rangka. Glutamine berperan penting dalam pembentukan protein tubuh, fungsi sistem kekebalan tubuh, dan sebagai bahan bakar cadangan bagi otak.
Penipisan zat tersebut membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan kelelahan. Glutamina dijadikan suplemen banyak atlet, untuk mengganti kelelahan otot dengan segera, akibat latihan yang berat.

Glutamin - Image wikipedia

Glutamin - Image wikipedia

Suplemen Glutamin - Image binaraga.net

Suplemen Glutamin - Image binaraga.net

2. Magnesium
elektrolit dan komponen penting lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh. Tingkat rendah dapat berkontribusi kelelahan dan nyeri otot. Tersedia dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Minyak ikan Omega 3

Minyak ikan Omega 3

3. Omega 3
Omega 3 menghasilkan anti-peradangan, jadi cobalah mengambil 1 sendok teh minyak ikan kualitas tinggi.
ref :
Nik Cook, Cycling Plus
Christine Bailey , Cycling Plus
wikipedia

Jangan jadikan kelelahan membuat anda menyerah untuk touring jarak jauh, recovery yang tepat dan benar membuat fisik dan endurance (ketahanan) anda meningkat. Ikuti terus tips dan trik bersepeda di zonasepeda.com. Happy Cycling,

Inilah Aturan Bersepeda di Jalur Pegunungan

Headline

INILAH.COM, Jakarta – Dalam dunia sepeda gunung (mtb), terdapat aturan-aturan tertentu yang dirancang untuk merawat jalur sepeda dan meminimalisir kecelakaan. Seperti apa?

Aturan ini diformulasikan oleh International Mountain Biking Association (IMBA). Aturan ini dirancang agar pesepeda lebih bertanggung jawab dan bisa merawat jalur yang dilewati. Berikut aturannya.

Bersepeda di jalur terbuka saja

Jangan pernah bersepeda di properti swasta kecuali pemiliknya memberi izin. Selalu patuhi tanda seperti tanda berbelok dan penanda rute.

Kontrol sepeda Anda

Hati-hati dengan orang yang juga menggunakan jalur yang Anda pakai. Jangan berkendara terlalu kencang dan selalu kontrol kecepatan untuk mencegah terjadinya cedera pada diri Anda dan orang lain.

Beri jalan

Ketika ada pesepeda lain, lambatkan sepeda Anda dan beri sinyal Anda ingin menyalip. Jika diizinkan, lewati pengendara lain dengan kecepatan sedang. Kuda dan anjing sering bertingkah aneh, jadi berhati-hatilah ketika melewati binatang ini.

Jangan takuti binatang

Selalu hormati hewan liar. Kita hanya pendatang di habitat mereka.

Jangan tinggalkan jejak

Berkendaralah dengan hati-hati. Jangan terlalu keras pada sepeda Anda. Bawa kantung plastik jika Anda ingin membuang sampah.

Rencana

Antisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi di jalur gunung. Berhati-hatilah dengan lingkungan di sekeliling Anda.

TIPS DAN TRIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPRINT ANDA

Zona Sepeda – Bagi pembalap profesional terutama pembalap spesialis sprint (sprinter) adalah mutlakfinish terdepan di garis finish, sedangkan para hobies ataupun penggemar olah raga sepeda terutama yang menggeluti olahraga balap sepeda, pasti bertanya-tanya bagaimanakah dapat memacu roadbike mereka hingga mencapai kecepatan 40mph (64.37 km/h) bahkan lebih.

Hingga saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa the fastest sprinter pro tour adalah pembalap Inggris dari Columbia HTC “The Mankman” Mark Cavendish. Sedangkan untuk raja velodrome adalah pembalap Inggris Chris Hoy, para sprinter tersebut mampu memacu sepeda mereka hingga 60mph.

Chris Hoy

Chris Hoy

Chris Hoy dan Mark Cavendish, mereka berdua adalah sprinter. Mereka mampu menjadi yang tercepat dilintasan akan tetapi Hoy dan cavendish mempunyai disiplin ilmu yang berbeda dalam hal Sprint.
Chris Hoy berlaga di velodrome yang membutuhkan akselerasi yang mendadak dan sesaat. Chris Hoy ketika start dengan berdiri, sedang Cavendish adalah pembalap Pro Tour roadrace yang memerlukan endurance (daya tahan) yang lebih dibandingkan pembalap sprint velodrome (track).

Cavendish memiliki ketahanan (endurance) yang baik. Tidak hanya endurance, Mark Cavendish juga memiliki tim yang sempurna, Columbia HTC mengantarkan dan melindungi Cavendish untuk mendapatkan posisi bagus ketika sprint.

Sprint, pada dasarnya ada 3 hal pokok yang menjadi kunci utama untuk meningkatkan skill sprint kita yaitu;
1. Output Endurance yang besar
2. Berat Badan proporsional
3. Toleransi anaerobik yang baik

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan Sprint, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah teknik yang sempurna, koordinasi yang sempurna (team work) dan tentunya practise make perfect.

Robie McEwen

Robbie McEwen, anda tentu ingat dengan nama ini sprinter Austaralia yang pernah bergabung bersama Lotto-Adecco di tahun 2002-2008 ini.
McEwen adalah sprinter yang sangat cerdas, dia sangat lihai dalam urusan teknik sprint diajang Pro Tour.

Robie McEwen

Robie McEwen

Meskipun tanpa tim tandem, Robbie mampu memanfaatkan tim lain untuk menariknya hingga mendapat posisi bagus menjelang garis finish.
Terlepas dari segala kontroversinya ketika berlaga, seperti bermain kasar dengan menyikut lawan sprint dan menghalangi lawan dengan Butt Head (menghalangi lawan dengan kepala). Robie adalah sprinter yang briliant pada masanya.

Robbie McEwen

Robbie McEwen

Prestasi terbaik Robbie adalah meraih Green Jersey TDF (2002, 2004, 2006), mungkin tidak setenar Eric Zabel maupun Mark Cavendish tapi teknik tinggi yang di miliki Robbie membuatnya melegenda.

Jika Anda ingin unggul dalam bidang ini (sprint), berlatih, berlatih, berlatih adalah kunci utama. Namun, ingat bahwa teknik yang baik dipelajari ketika tubuh pada posisi 100% fit, bukan ketika anda sedang Fatique (kelelahan).

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan Sprint :
Hill sprints :
Berlatih ditanjakan, bertujuan untuk melatih melawan Gradien. Latihlah kamampuan tersebut 20-40 detik dan terus meningkat. Latihan tersebut ini idealnya dilakukan dalam gigi (Chainring) yang besar.
Tentukan lokasi trek rolling (turunan-tanjakan) yang cepat, Latih kemampuan Hill Sprint dilokasi tersebut turun dengan cepat dan naik dengan cepat.
Tingkatkan kemampuan Hill Sprint dengan rolling yang panjang.

Jumps Sprint:
Dapat dilakukan sendiri atau dengan patner anda, atur kecepatan tiap 10 detik. Sprint pertama dengan kecepatan normal, lanjutkan dengan recovery (pemulihan), 10 detik selanjutkan sprint kembali dengan kecepatan lebih tinggi. Lakukan berulang-dua atau tiga kali dengan total sprint 5 menit dan recovery 5 menit.

Go long:
Hampir sama dengan Jumps Sprint, akan tetapi dengan trek lebih panjang dan interval lebih lama. Anda dapat menggunakan Tiang listrik sepanjang jalan sebagai patokan interval sprint dan recovery. Usahakan speed terus meningkat, jika sudah mulai menurun segera hentikan latihan dan coba istirahat sejenak.

Play racing:
Practice make perfect, setelah melakukan beberada basic sprint saatnya simulasi pada rute jarak jauh. Selain meningkatkan endurance anda, latihan sprint dengan kecepatan yang sudah diatur dapat terus meningkatkan performa sprint rider. Dapat dimulai dengan 30mph dan terus meningkat. Atur strategi interval recovery (pemulihan) untuk melakukan sprint selanjutnya. Sesi latihan seperti ini juga berguna untuk mengembangkan taktik tim dan menemukan pembalap yang layak menjadi sprinter tim anda.

Kinerja tubuh ketika sprint:
Pada umumnya, sprint hanya dilakukan hanya beberapa detik maksimal adalah 30 detik. Untuk detik pertama atau kedua dari sprint, Anda akan menggunakan energi tinggi dan senyawa-unit dasar energi dalam tubuh-ATP (Adenosin trifosfat). Setelah itu, disimpan ATP habis.

Energi memuncak pada 10 detik pertama, tubuh anda beralih ke senyawa lain yaitu kreatin fosfat (CP), untuk menghasilkan lebih banyak ATP. Semua ini dilakukan tanpa membutuhkan oksigen (anaerobik).

Selama 10 detik melakukan sprint, ATP yang dihasilkan memecah karbohidrat – sebuah proses yang disebut glikolisis (proses piruvat).

Fisiologi sprint tidak serumit meningkatkan kemampuan endurance anda. Rider menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuh secara keseluruhan dan setelah itu hilang dan cukup banyak yang hilang. Ketika anda melakukan sprint memasuki last kilometer ataupun dalam trek velodrome, tidak mungkin anda minum atau bahkan memakan gel penambah energi.
Karena makanan dan minuman tersebut tidak diproses seketika oleh tubuh anda. Berlatih dengan giat dan mengasah teknik sprint adalah modal utama meningkatkan kemampuan Sprint Anda.
[Dr Garry Palmer, Cycling Plus]

Semoga tips diatas berguna bagi para rider yang ingin melaju lebih cepat dilintasan roadrace atau sekedar hobi. Ikuti terus tips dan trik yang menarik di zonasepeda.com. Happy Cyling

TIPS TRIK POSISI HANDLEBAR ROADBIKE

ZonasepedaHandlebar merupakan komponen pokok pada sebuah roadbike, khususnya sepeda balap. Banyak dari para rider menghabiskan banyak waktu untuk menemukan setingan yang tepat untuk posisi handlebar pada sepeda balap yang mereka naiki.

Para pembalap Pro Tour juga sangat memperhatikan hal tersebut, tiap kondisi lintasan sangat mempengaruhi posisi handlebar. Faktor kenyamanan dan keamanan ketika tour adalah hal yang sangat mutlak diperhatikan.

Ada beberapa macam jenis Roadbike Handlebar, tiga diantara yang paling populer adalah :
1. Coventional Drop handlebars
2. Track drop bars
3. Drop (“ergo” or “anatomic”) handlebars

Berikut beberapa contoh posisi handlebar yang di gunakan para pembalap Pro Tour :

Alberto Contador - Astana

Robert Gesink - Rabobank

Carlos Sastre - CTT

Mark Cavendish - HTC Columbia

Tom Boonen - Quick Step

Ben Swift - SKY Team

Ludovic Turpin's - Ag2R

George Hincapie - BMC Racing Team

Marco Pantani - Mercatone Uno

Lance Armstrong - Radio Shack

Tips dan Trik :
Tidak ada aturan baku mengenai posisi handle bar, garis kuning dalam image diatas hanya merupakan pembanding antar para rider pro tour, berbagai bentuk dan jenis handlebar digunakan para rider pro tour.
Posisikan handlebar yang paling nyaman menurut anda, sesuaikan dengan kondisi on road, jika lebih banyak posisi tangan lebih sering bagian atas handlebar alakah baiknya posisi hoods shifter lebih condong naik (faktor kenyamanan), jika posisi tangan lebih banyak di bawah dropbar (mengejar posisi aero / sprint) posisikan shifter dan brake lever agar mudah dijangkau.

Berikut Video yang sangat membantu para Roadbiker terutama yang menginginkan kenyamanan dan keamanan ketika riding :

Ikuti terus Tips dan Trik bersepeda dari zonasepeda.com. Happy Cycling,

Sebuah Keajaiban Alam “Aurora” (Northern Lights)

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.


Konon kata mbah-mbah yang meneliti ionosfer, fenomena alam di atmosfer atas yang pertama kali teramati adalah aurora. Itu lho munculnya sinar warna-warni yang bentuknya macam-macam. Ada yang lengkung, garis, seperti lembaran, dll yang terlihat pada malam hari di angkasa. Menurut legenda-legenda Yunani dan Cina, aurora itu dianggap sebagai penampakan dari dewa/penguasa alam semesta.

Aurora sendiri sebenarnya sudah bikin penasaran orang sejak tahun 1500 an. Beberapa teori tentang aurora diberikan oleh beberapa ahli. Edmund Halley yang sukses memprediksi kemunculan komet pernah memberi teori bahwa aurora itu uap air encer yang tersublimasi oleh pemanasan yang dengannya terkandung juga sulfur yang akan menghasilkan kilauan sinar warna-warni di atmosfer. Tahun 1746, Leonard Euler (Swiss) menyatakan bahwa aurora adalah partikel dari atmosfer bumi yang melampaui ambang batasnya akibat cahaya matahari dan selanjutnya naik ke ketinggian beberapa ribu mil. Di daerah kutub partikel-partikel ini tidak akan terdispersi akibat perputaran bumi. Orang ketiga yang berusaha menjelaskan tentang aurora adalah Benjamin Franklin. Pak Benjamin mengatakan bahwa aurora berkaitan dengan sirkulasi di atmosfer. Lebih lanjut Pak Ben menjelaskan bahwa atmosfer di daerah kutub lebih tebal/berat dan lebih rendah dibandingkan dengan di daerah ekuator karena gaya sentrifugalnya (gaya akibat rotasi) lebih kecil. Elektrisitas (kelistrikan) yang dibawa awan ke daerah kutub tidak akan dapat menembus es sehingga akan terputus melewati atmosfer bawah kemudian ruang hampa menuju ke ekuator. Elektrisitas akan kelihatan lebih kuat di daerah lintang tinggi dan sebaliknya di lintang rendah. Hal itulah yang akan tampak sebagai Aurora Borealis. Sebenarnya selama seratus lima puluh tahun terakhir banyak teori lain tentang aurora ini, antara lain bahwa aurora terjadi karena pemantulan sinar matahari oleh partikel-partikel es, pemantulan sinar matahari oleh awan, uap air yang mengandung sulfur, pembakaran udara yang mudah terbakar, pancaran partikel magnetik, debu meteor yang terbakar akibat gesekan dengan atmosfer, thunderstorm, listrik yang timbul antara dua kutub magnet bumi, dll.

Sekitar tahun 1800 an karakteristik aurora mulai diketahui. Seorang ilmuwan Inggris bernama Cavendish berhasil menghitung ketinggian aurora yaitu antara 52 s.d 71 mil (83 km s.d 113,6 km). Tahun 1852 diketahui bahwa ada hubungan antara aktivitas geomagnet, aurora, dan sunspot dimana frekuensi dan amplitudo ketiganya berfluktuasi dengan periode yang hampir sama yaitu 11 tahunan. Tahun 1860, Elias Loomis berhasil membuat diagram yang menunjukkan daerah dengan kejadian aurora paling banyak. Dari temuannya itu diketahui bahwa ternyata aurora berhubungan dengan medan magnet bumi. Angstrom, seorang ilmuwan Swedia, pada tahun 1867 berhasil melakukan pengukuran spektrum-spectrum dari aurora. Penelitian tentang aurora semakin menemukan titik terang ketika seorang fisikawan Inggris J.J. Thomson berhasil menemukan elektron dan fisikawan Swedia Kristian Birkeland menyatakan bahwa aurora disebabkan oleh sinar dari elektron yang diemisikan matahari. Ketika elektron-elektron itu sampai ke bumi akan dipengaruhi oleh medan magnet bumi, dan terbawa ke daerah lintang tinggi dan terjadilah aurora.

source:
Ibu Dyah Rahayu Martiningrum.
Oom Wiki :D
Mang Google


Perbedaan Plasma TV,LCD TV Dan LED



Bila anda menginginkan

televisi yang tipis, mungkin anda menginginkan LCD atau Plasma TV. LCD dan Plasma hampir tidak dapat dibedakan secara visual. Kedua-duanya memiliki kemampuan dalam memberikan hasil yang terbaik, namun disitu pulalah terdapat perbedaan. Sangat penting untuk diketahui bahwa LCD dan Plasma adalah 2 teknologi yang sangat berbeda. Sampai saat ini, untuk memilih LCD atau Plasma masih relative mudah. Plasma TV jelas masih lebih unggul dibandingkan LCD dalam hal performance walaupun memang masih lebih mahal. Pilihan anda cuma, bayar lebih sedikit dan pilihlah LCD yang tidak-begitu-baik. Atau, bayar mahal dan miliki Plasma TV. Namun belakangan ini, pilihan semakin sulit ketika teknologi dan performance pada LCD semakin bagus dan harganya terus turun. Hampir bisa dikatakan kalau mereka berdua sudah pada kelas yang sama.

PLASMA TV
Sebuah Plasma TV terdiri dari 2 pelat kaca yang diisi oleh ratusan bahkan ribuan sel yang berisi gas. Sel-sel ini berisikan gas neon dan dilapisi oleh fosfor sehingga membuat mereka seperti lampu neon mini. Masing2 sel plasma tersebut dapat diberi tenaga listrik agar melepaskan photon ultraviolet. Photon-photon ini lah yang menyebabkan fosfor yang melapisi sel tersebut berubah warna. Dengan menghidupkan dan mematikan sel-sel ini pada saat dan rangkaian yang tepat setiap 1/1000 detik, gambar terbentuk.
Sebenarnya, tiap sel terdiri oleh 3 sel yang masing masing memberikan warna merah, hijau dan biru. Dengan mengkombinasikan warna2 tersebutlah tercipta gambar

LCD TV
Berbeda seperti Plasma TV, pixel pada LCD TV tidak memberikan cahaya sendiri. Sebuah Kristal cair terperangkap dalam 2 lembar kaca dan seluruhnya disinari oleh cahaya yang datang dari belakang. Memvariasikan arus listrik yang datang dari belakang mengontrol seberapa besar cahaya yang menerangi masing2 pixel tersebut.

LED
Teknologi LED Backlight mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD yang ada saat ini atau menyerupai warna aslinya.
Bahkan teknologi ini juga mengalahkan monitor CRT untuk tampilan warna.
Selain masalah warna, teknologi ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak ada kandungan zat mercury di dalamnya.
Harga. Televisi LED memiliki harga separuh lebih mahal dibandingkan LCD. TV LED menggunakan cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Warna hitam akan menajdi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED lebih realistic dibandingkan televisi LCD. Televisi LED memiliki kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi untuk membantu menonton acara yang penuh dengan gerakan seperti olahraga dan film.

Compare LCD VS LED

Fakta LED :
-Kualitas warna gambar seni
-Menghemat energy 40 persen dibandingkan televisi LCD dengan ukuran yang sama
-Bebas merkuri dan desain yang sangat tipis
-Harga TV LED sekitar 20 hingga 30 persen lebih mahal
-Tebal televise LED sekitar sepertiga tebal LCD dengan ukuran yang sama
-Sedangkan bobotnya biasanya separuh dari LCD

Fakta LCD :
-Kualitas gambar bagus, tapi image bisa tampak ‘terbakar’ di display
-Harga antara $150-200 per tahun untuk pengoperasian sebuah LCD
-Mercury digunakan dalam proses manufaktur
-Harga lebih murah dibandingkan LED

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6738953

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons