Kamis, 28 April 2011

Sepeda Kayu

Sepeda kayu dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia. Sepeda buatan tangan ini biasanya berbentuk seperti sebuah skuter besar yang diduduki. Sepeda ini terbuat dari kayu apapun yang ada disekitarnya, mereka menggunakan roda yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan karet ban bekas. Agar dapat berjalan, maka pengguna harus menjejakkan kaki di tanah agar sepeda kayu ini dapat meluncur.

Sepeda kayu seperti diatas dikendarai oleh penduduk daerah Banaue di Filipina. Dalam festival tahunan untuk merayakan kebudayaan daerah, balap sepeda kayu dilombakan dengan menggunakan pakaian adat daerah tersebut. Perhatikan juga bahwa sepeda ini memiliki rem yang diaktifkan dengan kaki, mirip menunggang vespa jadinya. Foto diatas diambil dari foto Flickr om Harry Palangchao.

Sepeda anak ini juga ditemukan di Filipina. Sepeda yang satu ini menggunakan rem yang diaktifkan oleh pijakan kaki.

Sepeda diatas ditemukan di Burundi dan diabadikan oleh Will Okun. Sepeda kayu berbentuk skuter ini biasa digunakan untuk mengangkut barang. Didorong menaiki bukit lalu dinaiki di turunan.

Gagasan yang sama juga digunakan di Ruhengeri, Rwanda. Dari Peter Strong di Camelworld.

Sepeda kayu di Goma, Republik Kongo.

Sepeda ini ditemukan di Gikongoro, Rwanda dan diabadikan oleh Louise Batalla-Duran untukWandering Spirit Travel Images.

Anak-anak membuat sendiri sepedanya di Tanzania. Perhatikan “lampu sepeda” berwarna kuning dari plastik. Dari Wooden Bicycles in East Africa.

Petani Rwanda ini menggunakan sepeda kayu untuk mengangkut hasil tebangan kayu. Disana juga ada lembaga non-profit yang membantu menyebarkan teknologi dan menggunakan sepeda sederhana. Coffee Bike Project akan menyumbangkan sepeda besi untuk petani kopi di Rwanda untuk membantu mereka mengangkut biji kopi ke pasar.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons