Minggu, 29 Mei 2011

kereta pneumatik yang gagal produksi pada tahun 1870


pernahkah agan bayangkan kalau kita meluncur dengan kecepatan fantastis melalui sebuah tiupan angin ? dan berada didalam tabung silinder sepanjang puluhan kilometer ? inilah kereta yang gagal produksi , karena konsep itu datang pada waktu yang kurang tepat . saat kondisi politik Amerika saat itu sedang carut marut, apalagi untuk mengakomodir sebuah ide cemerlang yang tergolong sangat rovolusioner dan cukup fantastis didunia mass transit. dan mungkin inilah kereta bawah tanah pertama di kota New York seandainya berhasil dibuat.system Pneumatiklah yang menjadi ide dasarnya dan dikembangkan oleh Alfred Ely Beach pada akhir abad 19 dan didemonstrasikan pertama kali dijalur bawah tanah Broadway pada tahun 1870.karya Beach yang berkonsepkan Pneumatic Transit System tidak pernah terealisasi sama sekali, terjegal dengan alasan politis karena telah menjadi senjata politisi saat itu .dimasa depresi yang panjang di tahun 1870 , dan inilah karya yang sangat fantastis dikota new york saat itu dalam sejarah transportasi massa yang datang mungkin lebih cepat atau terlalu cepat dimasanya sehingga lingkungan sekitar belum seiap menerima.

konsep sederhana dan sangat mengagumkan , sangatlah familiar karena telah digunakan dalam berbagai aplikasi modern saat itu. dengan tenaga penuh dari sebuah tiupan pneumatik kereta dapat bergerak sepanjang jalur tabung yang dibuat di bawah permukaan tanah. dan Beach hanya mendapatkan ijin saat itu untuk pembuatan jalur bawah tanah untuk jalur pengiriman paket dan surat antaran dan tidak untuk pengiriman manusia dengan ukuran yang seperti pada konsep diatas. dan sistem transportasi massa ini dikembangkan secara sembunyi-sembunyi , karena tekanan politik dari politisi yang bersaing dalam bidang investasi tehnologi. Beach tidak pernah mendapatkan ijin untuk membangkan wind tunnel ini & untuk sebuah operasional kereta sistem pneumatik yang harus ditiup selama operasionalnya.

tetapi beberap bulan setelah itu berhasil diujudkan, system bawah tanah yang sangatlah mengagumkan. wind tunnel meski hanya sepanjang 95 meter yang berhasil memindahkan penumpang antara jalan Broadway menuju jalan Murray pada malam hari , dan jalur ini sendiri menjadi sesuatu hal yang sangatlah menarik di kota New York. dan terbuka untuk dikunjungi pejalan kaki disiang hari. dan system ini sangatlah digemari karena memakan biaya yang murah ,dan memang pada akhirnya system transportasi new york dibangun untuk bergerak dibawah permukaan tanah. dan ide ini benar-benar mati pada saat dikarenakan Veto seorang Gubernur yang bernama John Hofman dan langsung menghentikan segalatindakan pembangunan pembuatan terowongan bawah tanah seketika itu juga. dan dikarenakan ketakutan pemilik tanah dan bangunan saat itu karena rusaknya tanah dan bangunan mereka apabila dibawahnya dibangun terowongan, dan penyebab lainnya system ekonomi Amerika sedang benar-benar kolap semuanya ditahun 1873. dan system terowongan itu kemudian terbengkalai dan dan benar-benar rusak dengan sendirinya karena bertahun-tahun tanpa perawatan.(wicak)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons