Rabu, 11 Mei 2011

mengenal technology night vision


tehnology penginderaan malam dikembangkan dikarenakan kelemahan manusia dalam melihat spektrum cahaya sangatlah terbatas. apalagi dibandingkan dengan mamalia lainya . seperti bangsa kucing yang mempunyai retina yang cukup sensitif sehingga dapat memlihat obyek dengan sangat jelas meskipun hanya dengan bantuan cahaya yang sangat minim. juga bangsa ular yang bisa melihat dengan tehnologi termovision sehingga tidak memerlukan cahaya untuk melihat melainkan temperatur obyek yang dilihat. dikarenakan kelemahan biologi manusia dibutuhkan tehnologi untuk menutupinya. dengan menggunakan pendekatan range spektrum dan range intensitas yang digabungkan menjadi sebuah tehnologi night vision yang ada pada masa sekarang.


tehnik penginderaan malam memakai tehnik range spektrum , manusi ahanya bisa melihat range spektrum tertentu yang dinamakan cahaya yang terlihat diluar itu manusia tidak akan bisa melihat atau merasakannya ( seperti infra merah dengan gelombang sangat rendah dan radiasi Ultra violet dengan range gelombang yang terlalu tinggi ) dan beberapa binatang pun ada yang bisa melihat atau merasakan inrfa merah bahkan radiasi ultra violet melebihi manusia.

Range intensitas
dengan range intensitas yang cukup adalah kemampuan untuk melihat suatu object meskipun dengan pencahayaan sangatlah minim. yang dikondisikan seperti organ pengelihatan hewan yang memiliki retina lebih sensitif , bola mata lebih besar , lensa lebih tebal ataupun pupil dengan kemampuan khusus. sehingga memerlukan sesuatu yang dinamakan image intensifier dan dalam hal ini dipakai tehnology dengan sensor kamera CCD dengan sensitifitasnya beberapa kali lipat , juga memakai low noise dan hight sensitify array photo electrik detector.

teknologi night vision
yang ada dibagi dengan 3 jenis

image intensifikasi : yaitu pengelihatan malam yang mengintensifkan cahaya sekecil apapun untuk melihat object baik hanya dari cahaya bintang atau bulan sekalipun . yang biasanya dipakai pada teropong malam dan low light camera.]

pencahayaan aktif : adalah tehnologi yang memadukan antara intensifikasi dengan sumber cahaya aktif biasanya memakai (NIR) near infra red atau (SWIR) software infra red yang biasa dipakai pada low light cameras.

thermal Imaging : adalah tehnologi yang mendeteksi dengan cara membedakan suhu antara objeck yang dilihat dengan background maupun forground yang ada. yang biasanya dipakai pada rudal side winder.

sebenarnya masih banyak kelemahan yang harus disempurnakan bukan hanya termal imaging dan lihgt intensifier, dengan bantuan pencahayaan aktif yang membantu kemapuan imaging , masih ada yang belum ditemukan yaitu fibra vision yang mungkin bisa untuk mendengar suara sekecil apapun dan sejauh apapun tanpa memerlukan membran speaker yang diperlebar dengan wajan hitam . seperti alat spionase agen STASSI german jaman perang dingin Uni soviet.

sumber : wikipedia




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons