Sabtu, 20 Agustus 2011

10 Dinding hijau yang melibatkan berbagai tanaman hidup dan menakjubkan

A corridor lined with green walls
Sebuah corridor yang dihiasi dinding hijau Sebuah pemandangan yang mengagumkan dinding hijau sepanjang koridor.

Apabial kita berfikir sebuah dinding hidup menghiasi seluruh pemandangan dan datang didalam pikiran kita, akan tetapi ini semua sebuah kenyataan yang bukan hanya sebuah dinding yang ditutupi berbagai tumbuhan secara keseluruhan .Untuk membuat dinding hidup ini , diperlukan panel pabrikan yang terdiri dari berbagai `kontainer plastik media tanam yang memiliki system irigasi yang cukup baik yang mendukung kelangsungan hidup dinding yang berupa tanaman hijau tersebut. Dinding tersebut memiliki panel modulat , yang terdiri dari tanah yang merupakan media tanam untuk tanaman tumbuh dan berkembang, sistim irigasi serta sistem distribusi nutrisi untuk pemupukan yang teratir dan menjaga kelangsungan tumbuhan yang ada disana. Dinding ini merupakan hutan buatan yang memang sengaja dihadirkan pada dinding hidup tersebut. Beberapa dinding hidup yang indah dan sangat terkenal didunia kami hadirkan disini, dan kami bahas sedikit dibawah ini :

1 Musee du Quai Branly di kota Paris

sebuah Vertikal garden berupa dinding hijau yang tidak biasa yang berada di Musee du Quai Branly yang berada di kota Paris , merupakan sebuah tempat favorit dan menakjubkan. buakn hanya sebuah vertikal garden akan tetapi merupakan sebuah peningkatan penampilan sebuah bangunan, akan tetapi akan menambah kwalitas udara disekitarnya dan hemat energi(wicak).

2. Sky Farm dikota Toronto, Canada

Skyfarm yang berada dikota Toronto, Canada ini adalah sebuah gedung bertingkat setinggi 714 kaki dan memberikan contoh yang baik mengenai bagaimana sebuah dinding hidup yang lebih menguntungkan dan juga lebih indah, selain lebih ramah lingkungan lebih mendatangkan keuntungan dari semuanya yang telah tumbuh diareal ini(wicak).

3. CaixaForum Museum Madrid

dan inilah dindinh hijau hebat lainnya yang didesain khusus untuk CaixaForum Museum, kira-kira terdiri 15000 tanaman dari 250 spesies yang berbeda yang dimanfaatkan untuk menutupi dindinh yang indah ini . Kombinasi yang sangat serasi antara sebuah gedung tua dengan gedung lain yang berdidnding hidup yang indah , menghadirkan sebuah pemandangan spektakuler dan cukup mengesankan(wicak)


4. Vancouver Aquarium di kota Vancouver,Canada


Disinilah sebuah dinding hidup dibuat yang berperan untuk meredam kebisingan yang selalu terjadi dijalanan sekitar gedung ini dan sekligus membuktikan bahwa sebuah gedung dan keramahan lingkungan dapat dipadukan menjadikan pemandangan kota bertambah hijau. Dinding tersebut terbuat dari beberapa panel modul yang berfungsi sebagai tempat menanam berbagai tanaman hijau menjadi lebih mudah dan murah(wicak).

5. Marche des Halle Avignon

Karya ini bukan hanya menyajikan sebuah taman vertikal perkotaan yang ramah lingkungan dan menguntungkan akan tetapi dapat menambah nilai artistik menjadi sebuah karya bernilai tinggi. Yang dirancang dengan berbagai cara dengan media tanam tidak memakai tanah dan memilikh berbagai tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan(wicak)

6. Qantas First Lounge Sydney International Airport

Sebuah perjalanan jauh cenderung membuat tingkat strees kita semakin bertambah .Kesibukan airport , kebisingan yang ada dan menunggu jam penerbangan yang sering membuat kita jadi sangat bosan dan strees. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi pada sebuah tempat yang bernama Qantas First Lounge yang berada di Sydney Airport.Dengan berdinding hidup terbukti bisa menurunkan tingkat stress yang ada(wicak)

7. Parabienta Japan

Dinding hidup yang ramah lingkungan ini adalah hasil dari sebuah kolaborasi dari 2 buah perusahaan yang ada di Jepang . Mereka dalam membuat dan mewujudkan karya ini menghabiskan dana yang relatif murah. Yang telah memberikan konstribusi yang sangat besar dalam pendinginan udara dalam ruangan , yang akhirnya sangat membantu dalam pemanfaatan energi yang ada menjadi lebih hemat dan ekonomis(wicak)

8. Siam Paragon Shopping Center Bangkok

Pada gambar atrium disebuah mall diatas menjadi sangat menarik dan tidak seindah ini kalau pada saat tanaman -tanaman ini dikeluarkan dari habitatnya . Dinding ini menciptakan sebuah atmosfer yang tenang serta penambahan warna sepeda . dengan percontohan yang menakjubkan ini bisa dipadukan dalam tema apapun , dengan hasil arsitek yang menakjubkan ini , memberikan contoh yang baik bagaimana melibatkan sebuah dinding hidup dalam keindahan yang sangat serasi dengan beberapa dekorasi interior(wicak)

9. Rica Talk Hotel Stockholm

Sebuah restoran yang berada di Rica Talk Hotel yang dirubah kedalam sebuah oasis botamnical dengan memanfaatkan dinding hidup. untuk mengisi kekosongan dinding yang luas , sekitar 3000 tanaman dari lebih dari 100 species yang digunakan .dan benar-benr memberikan efek yang sangat nyaman dan alami yang menghadirkan nuansa yang sangat unik dan sangat nyata dalam sebuah restoran(wicak)


10. Oulu Bar and Eco-Lounge Williamsburg

Bertempat di Brooklin yang merupakan dinding hidup pertama, Bar ini tentunya sangat menyita banyak perhatian lingkungan sekitarnya karena berbalut dengan dining hidup pada dinding luarnya. karena ditutupi taman vertikal yang menakjubkan pada dinding depan dan menyajikan perpaduan yang kontras namun sangat cantik , dengan pintu serta jendela yang terbuat dari kayu. kalau dilihat secara keseluruhan membuktikan sebuah konsep yang lebih hujai namun trendy(wicak)

sumber:http://triwicaksono-sepedaku.blogspot.com/2011/08/10-dinding-hijau-yang-melibatkan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons